Cara Menterjemahkan UTPPJ/Job Desc ke Checklist WFH
Menyambung blog sebelumnya ... kita akan bahas apa itu Uraian Tugas dan Profil Persyaratan Jabatan (UTPPJ) dan bagaimana menterjemahkannya ke dalam Checklist Pelaksanaan Tugas di kala WFH. UTPPJ merupakan tools dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di Bank Indonesia yang identik dengan Job desc atau job description atau uraian jabatan. Menurut definisi yang dirangkum oleh Marianna Bodnarchuk (1), Job desc adalah catatan tertulis tentang tugas-tugas, tanggung jawab serta kualifikasi yang diisyaratkan untuk suatu jabatan atas dasar informasi yang diperoleh dari proses analisis jabatan. Job desc itu sendiri berfungsi untuk mengidentifikasi jabatan, memberikan batasan-batasan yang jelas serta menguraikan cakupan dan isi jabatan tersebut. Setidaknya ada lima unsur dasar yang perlu ada dalam job desc atau uraian jabatan yaitu identitas jabatan, ringkasan jabatan, uraian tugas dan tanggung jawab, tanggung jawab ke atasan (bos) dan spesifikasi...